MBAH KYAI SHALEH DARAT, beliau adalah Wali Allah besar pada paruh kedua abad 19 dan awal abad 20 di tanah Jawa. Mbah Shaleh Darat dari Semarang, Jawa Tengah ini hidup sezaman dengan dua Waliyullah besar lainnya: Syekh Nawawi Al-Bantani dari Banten, dan Mbah Kholil Bangkalan, di Madura, timur pulau Jawa. Dua orang muridnya kelak menjadi amat terkenal dan mempengaruhi Islam di Indonesia, melalui organisasi yang mereka dirikan: Muhammadiyyah dan Nahdlatul Ulama.

Nama lengkap beliau Muhammad Shalih ibn Umar as-Samarani lahir di Desa Kedung Jumbleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara pada sekitar tahun 1820 /1235 H, dengan nama Muhammad Shalih, Dalam kitab-kitab yang ditulisnya, dia acap menggunakan nama Syeikh Haji Muhammad Shalih ibn Umar Al-Samarani. pemberian nama Darat diselempangkan ke pundak beliau karena tinggal di kawasan dekat pantai utara Semarang yakni, tempat berlabuhnya orang-orang dari luar Jawa. Kini, nama Darat tetap lestari dan dijadikan prasasti nama kampung, Nipah Darat dan Darat Tirto. Saat ini kampung Darat masuk dalam wilayah Kelurahan Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara.

KH. Shaleh Darat merupakan sosok ulama yang memilki andil besar dalam penyebaran Islam di Pantai Utara jawa Khususnnya di Semarang. Ayahnya yaitu KH Umar, adalah ulama terkemuka yang dipercaya Pangeran Diponegoro dalam perang Jawa melawan Belanda di wilayah pesisir utara Jawa. Setelah mendapat bekal ilmu agama dari ayahnya, Shaleh kecil mulai mengembara, belajar dari satu ulama ke ulama lain. Tercatat KH Syahid Waturaja (belajar kitab fiqih, seperti Fath al-Qarib, Fath Al Mu’in, Minhaj al-Qawim, dan Syarb al-Khatib).

Kyai Shaleh Darat menimba ilmu di pesantren-pesantren pada jamannya, ia banyak berjumpa dengan kyai-kyai masyhur yang dikenal memiliki kedalaman serta keluasan ilmu batin, dan kemudian menjadi gurunya. Di antara nama kondang tersebut salah satunya adalah K.H. M. Sahid yang merupakan cucu dari Syaikh Ahmad Mutamakkin, seorang ulama asal Desa Kajen, Margoyoso, Pati Jawa Tengah yang hidup di jaman Mataram Kartosuro pada sekitar abad ke-18. Dari Syaikhnya itulah, ia belajar beberapa kitab fiqh, seperti Fath al-Qarib, Fath al-Mu’in, Minhaj al-Qawim dan, Syarh al-Khatib. Terdapat catatan bahwa, karena kitab-kitab tersebut bukanlah “kelas” pengantar, maka mempelajarinya tak pelak membutuhkan waktu relatif lama.

Safari perjalanan keilmuannya berlanjut kepada Kyai Raden Haji Muhammad Salih ibn Asnawi, di Kudus. Dari padanya beliau mengkaji Kitab Al-Jalalain al-Suyuti. Di Semarang beliau mendalami nahwu dan sharaf dari Kyai Iskak Damaran, kemudian belajar ilmu falak dari Kyai Abu Abdillah Muhammad al-Hadi ibn Baquni. Berlanjut kepada Ahmad Bafaqih Ba’lawi demi mengkritisi kajian Jauharah at-Tauhid buah karya Syaikh Ibrahim al-Laqani dan Minhaj al-Abidin karya Al-Ghazali. Masih di kota loenpia, Semarang-lah, Kitab Masa’il as-Sittin karya Abu al-Abbas Ahmad al-Misri, sebuah depiksi tentang ajaran dasar Islam populer di Jawa sekitar abad ke- 19, dicernanya dengan tuntas dari Syaikh Abdul al-Ghani.

Tak pernah puas, haus ilmu, itulah sifat setiap ulama. Demikian pula beliau, nyantri kepada Kyai Syada’ dan Kyai Murtadla’ pun dijalaninya yang kemudian menjadikannya sebagai menantu. Setelah menikah, Sholeh Darat merantau ke Mekkah, Di tanah haram, dia berguru kepada ulama-ulama besar, antara lain Syekh Muhammad al-Muqri, Syekh Muhammad ibn Sulaiman Hasbullah al-Makki, Sayyid Ahmad ibn Zaini Dahlan, Syekh Ahmad Nahrawi, Sayyid Muhammad Salen ibn Sayyid Abdur Rahman az-Zawawi, Syekh Zahid, Syekh Umar asy-Syami, Syekh Yusuf al-Mishri dan lain-lain. Karena kecerdasan, kealiman dan keluasan ilmu serta kemampuannya, akhirnya Mbah Shaleh mendapat ijazah dari beberapa gurunya untuk mengajar di Mekah.

Selama di Mekah ini beliau didatangi banyak murid, terutama dari kawasan Melayu-Indonesia. Beberapa tahun kemudian Mbah Shaleh kembali ke Semarang karena ingin berkhidmat kepada tanah airnya. Beliau kemudian mendirikan pesantren di kawasan Darat, Semarang – dan karenanya beliau dikenal sebagai Kyai Shaleh Darat. Kepada murid-muridnya, Mbah Shaleh Darat selalu menganjurkan agar mereka giat menuntut ilmu. Menurut beliau inti Qur’an adalah dorongan kepada umat manusia untuk menggunakan seluruh potensi akal-budi dan hatinya guna memenuhi tuntutan kehidupan dunia dan akhirat. Beberapa santri seangkatannya, antara lain KH. Muhamad Nawawi Banten (Syaikh Nawawi Aljawi) dan KH Cholil Bangkalan.

Artikel Lainnnya : Mengenal Bahan Sifon

Sepulang dari Makkah, Muhammad Shaleh mengajar di Pondok Pesantren Darat milik mertuanya KH Murtadlo. Semenjak kedatangannya, pesantren itu berkembang pesat. Di pesantren inilah ulama’-ulama’ seperti : Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari sang pendiri Nahdlatul Ulama, Kyai Haji Mahfuz Termas yang pakar hadits dan pendiri Pesantren Termas Pacitan, Kyai Haji Ahmad Dahlan sang pendiri organisasi Muhammadiyah, Kyai Haji Idris pendiri Pesantren Jamsaren Solo dan Kyai Haji Sya’ban sang ahli ilmu falak yang tersohor, Kyai Haji Bisri Syamsuri, Kyai Haji Dalhar, yang juga dikenal sebagai Wali Allah dan pendiri Pesantren Watucongol, Muntilan, selain itu beliau juga merupakan guru spiritualitas RA. Kartini. Dengan demikian dapat dikatakan, Kiai Shaleh Darat merupakan guru bagi ulama-ulama besar di Tanah Jawa. Bahkan sampai Nusantara.

Salah satu muridnya yang terkenal tetapi bukan dari kalangan ulama adalah Raden Ajeng Kartini. Karena RA Kartini inilah Mbah Shaleh Darat menjadi pelopor penerjemahan al-Qur’an ke Bahasa Jawa. Menurut catatan cucu Kyai Shaleh Darat, RA Kartini pernah punya pengalaman tidak menyenangkan saat mempelajari Islam. Guru ngajinya memarahinya karena dia bertanya tentang arti sebuah ayat Qur’an. Kemudian ketika berkunjung ke rumah pamannya, seorang Bupati Demak, RA Kartini menyempatkan diri mengikuti pengajian yang diberikan oleh Mbah Shaleh Darat. Saat itu beliau sedang mengajarkan tafsir Surat al-Fatihah. RA Kartini menjadi amat tertarik dengan Mbah Shaleh Darat. Dalam sebuah pertemuan RA Kartini meminta agar Qur’an diterjemahkan karena menurutnya tidak ada gunanya membaca kitab suci yang tidak diketahui artinya. Tetapi pada waktu itu penjajah Belanda secara resmi melarang orang menerjemahkan al-Qur’an. Mbah Shaleh Darat melanggar larangan ini. Beliau menerjemahkan Qur’an dengan ditulis dalam huruf “arab gundul” (pegon) sehingga tak dicurigai penjajah. Kitab tafsir dan terjemahan Qur’an ini diberi nama Kitab Faid ar-Rahman, tafsir pertama di Nusantara dalam bahasa Jawa dengan aksara Arab. Kitab ini pula yang dihadiahkannya kepada R.A. Kartini pada saat dia menikah dengan R.M. Joyodiningrat, seroang Bupati Rembang. Kartini amat menyukai hadiah itu dan mengatakan: “ Selama ini al-Fatihah gelap bagi saya. Saya tak mengerti sedikitpun maknanya. Tetapi sejak hari ini ia menjadi terang-benderang sampai kepada makna tersiratnya, sebab Romo Kyai telah menerangkannya dalam bahasa Jawa yang saya pahami.” Melalui terjemahan Mbah Shaleh Darat itulah RA Kartini menemukan ayat yang amat menyentuh nuraninya: Orang-orang beriman dibimbing Allah dari gelap menuju cahaya (Q.S. al-Baqarah: 257). Dalam banyak suratnya kepada Abendanon, Kartini banyak mengulang kata “Dari gelap menuju cahaya” yang ditulisnya dalam bahasa Belanda: “Door Duisternis Toot Licht.” Oleh Armijn Pane ungkapan ini diterjemahkan menjadi “Habis Gelap Terbitlah Terang,” yang menjadi judul untuk buku kumpulan surat-menyuratnya. Namun sayangnya penerjemahan kitab ini tidak selesai karena Mbah Shaleh Darat keburu wafat

Pemikiran dan Ajaran Beliau

Kyai Shaleh Darat dikenal sebagai pemikir di bidang ilmu kalam. Ia adalah pendukung paham teologi Asy’ariyah dan Maturidiyah. Pembelaannya terhadap paham ini jelas kelihatan dalam bukunya, Tarjamah Sabil al-’Abid ‘ala Jauhar at-Tauhid. Dalam buku ini, ia mengemukakan penafsirannya terhadap sabda Rasulillah SAW mengenai terpecahnya umat islam menjadi 73 golongan sepeninggal Beliau, dan hanya satu golongan yang selamat.

Menurut Shaleh Darat, yang dimaksud Nabi Muhammad SAW dengan golongan yang selamat adalah mereka yang berkelakuan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, yaitu melaksanakan pokok-pokok kepercayaan Ahlussunah Waljamaah, Asy’ariyah, dan Maturidiyah.

Beliau juga mengajak masyarakat untuk gemar menuntut ilmu. Kyai Shaleh Darat selalu menekankan kepada para muridnya untuk giat menuntut ilmu. Beliau berkata “Inti sari Alquran adalah dorongan kepada umat manusia agar mempergunakan akalnya untuk memenuhi tuntutan hidupnya di dunia dan akhirat”.

Artikel lainnya : Kelebihan Kain Wolfis, Karakteristik, dan Harganya

Kiai Shaleh Darat memperingatkan kepada orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan dalam keimanannya, bahwa ia akan jatuh pada paham atau keyakinan sesat. Dalam Kitab Tarjamah Sabil al-‘Abid ‘Ala Jauharah al-Tauhid, KH Sholeh Darat menasehati bahwa, orang yang tidak mempunyai ilmu pengetahuan sama sekali dalam keimanannya, akan jatuh pada paham dan pemahaman yang sesat. Sebagai misal, paham kebatinan menegaskan bahwa amal yang diterima oleh Allah Ta ’Ala adalah amaliyah hati yang dipararelkan dengan paham manunggaling kawulo Gusti-nya Syaikh Siti Jenar dan berakhir tragis pada perilaku taklid buta. Iman orang taklid tidak sah menurut ulama muhaqqiqin, demikian tegasnya. Lebih jauh diperingatkan juga, agar masyarakat awam tak terpesona oleh kelakuan orang yang mengaku memiliki ilmu hakekat tapi meninggalkan amalan-amalan syariat lainnya, seperti sholat dan amalan fardhu lainnya. Kemaksiatan berbungkus kebaikan tetap saja namanya kebatilan, demikian inti petuah religius beliau.

Sebagai ulama yang berpikiran maju, ia senantiasa menekankan perlunya ikhtiar dan kerja keras, setelah itu baru bertawakal, menyerahkan semuanya pada Allah. Ia sangat mencela orang yang tidak mau bekerja keras karena memandang segala nasibnya telah ditakdirkan oleh Allah SWT. Ia juga tidak setuju dengan teori kebebasan manusia yang menempatkan manusia sebagai pencipta hakiki atas segala perbuatan. Tradisi berpikir kritis dan mengajarkan ilmu agama ini terus dikembangkan hingga akhir hayatnya.

Karya-Karyanya

Beliau adalah sosok yang sederhana dan bersahaja, Kesederhanaan yang ditopang kebersahajaan pribadinya, membuatnya selalu merendah dan menyebut dirinya sendiri sebagai orang Jawa yang tak faham seluk-beluk centang-perenang bahasa Arab. Ini terlihat dari karangan-karangan beliau dimana pada setiap prolog selalu tertulis, “buku ini dipersembahkan kepada orang awam dan orang-orang bodoh seperti saya”. Dalam Terjemahan Matan al-Hikam pada pendahuluannya tertera begini, “Ini kitab ringkasan dari Matan al-Hikam karya Al-Alamah al-Arif billah Asy-Syaikh Ahmad Ibn Ata’illah, saya ringkas sepertiga dari asal, agar memudahkan terhadap orang awam seperti saya, saya terjemahkan dengan bahasa Jawa agar cepat paham bagi orang yang belajar agama atau mengaji.

Ternyata, basis pemikiran sederhana ini, justru memotivasinya untuk melahirkan beragam karya intelektual yang bertujuan terarah yakni, pembelajaran murah-meriah dan sederhana kepada orang Jawa yang tak mengerti benar bahasa Arab. Niat tulus inilah yang di kemudian hari diwujudkannya dalam bentuk buku tafsir atas kitab berbahasa Arab yang telah disuntingnya ke dalam bahasa Jawa.

Artikel lainnya : Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere

Di antara karyanya adalah:

  • Kitab Majmu’ah asy-Syari’ah al-Kafiyah li al-’Awam, kandungannya membicarakan ilmu-ilmu syariat untuk orang awam;
    Kitab Munjiyat, tentang tasawuf, merupakan petikan perkara-perkara yang penting dari kitab Ihya’ `Ulum ad-Din karangan Imam al-Ghazali.
  • Kitab al-Hikam, juga tentang tasawuf, merupakan petikan perkara-perkara yang penting dari pada Kitab Hikam karangan Syeikh Ibnu Atha’illah al-Askandari.
  • Kitab Latha’if at-Thaharah, tentang hukum bersuci.
  • Kitab Manasik al-Hajj, tentang tata cara mengerjakan haji.
  • Kitab ash-Shalah, membicarakan tata cara mengerjakan sembahyang.
  • Tarjamah Sabil al-`Abid `ala Jauharah at-Tauhid, isinya mengenai akidah Ahli Sunnah wal Jamaah, mengikut pegangan Imam Abul Hasan al-Asy`ari dan Imam Abu Manshur al-Maturidi.
  • Mursyid al-Wajiz, kandungannya membicarakan tasawuf atau akhlak.
  • Minhaj al-Atqiya’, juga tentang tasawuf dan akhlak.
  • Kitab Hadis al-Mi’raj, tentang perjalanan suci Nabi Muhammad s.a.w untuk menerima perintah sembahyang lima kali sehari semalam.
  • Kitab Asrar as-Shalah, kandungannya membicarakan rahasia-rahasia shalat.

Karamah Beliau

Sebagai Wali Allah Mbah Shaleh Darat juga dikenal memiliki karamah. Makamnya pun menjadi tujuan ziarah banyak orang. Salah seorang wali terkenal yang suka mengunjungi makamnya adalah Gus Miek (HAMIM JAZULI). Meski meninggal di bulan Ramadhan, Haul Mbah Shaleh Darat diperingati setiap tanggal 10 Syawal di makamnya, yakni di kompleks pemakaman Bergota, Semarang.

Dikisahkan bahwa suatu ketika Mbah Shaleh Darat sedang berjalan kaki menuju Semarang. Kemudian lewatlah tentara Belanda berkendara mobil. Begitu mobil mereka menyalip Mbah Shaleh, tiba-tiba mogok. Mobil itu baru bisa berjalan lagi setelah tentara Belanda memberi tumpangan kepada Mbah Shaleh Darat. Di lain waktu, karena mengetahui pengaruh Mbah Shaleh Darat yang besar, pemerintah Belanda mencoba menyogok Mbah Shaleh Darat. Maka diutuslah seseorang untuk menghadiahkann banyak uang kepada Mbah Shaleh, dengan harapan Mbah Shaleh Darat mau berkompromi dengan penjajah Belanda. Mengetahui hal ini Mbah Shaleh Darat marah, dan tiba-tiba dia mengubah bongkahan batu menjadi emas di hadapan utusan Belanda itu. Namun kemudian Mbah Shaleh Darat menyesal telah memperlihatkan karamahnya di depan orang. Beliau dikabarkan banyak menangis jika mengingat kejadian ini hingga akhir hayatnya

Referensi : Pondok Pesantren Al – Itqon

 

Supplier  Tas Umroh – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Memproduksi Tas Umroh, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ibadah Umroh Tentu anda membutuhkan tas dengan ukuran yang dapat membawa barang dan perlengkapan Anda selama beribadah umroh ditanah suci mekkah, kami memproduksi tas umroh bagi Anda yang membutuhkan, kami memiliki pelanggan diseluruh Indonesia yang menjadi mitra. kami untuk menyediakan tas umroh berbagai macam dan model, desain dan ukuran yang dapat Anda pilih dan Anda tentukan sendiriKami dapat memproduksi tas umroh dengan jumlah banyak dan satuan. Jika anda belum memiliki desain dan membutuhkan solusi pembuatan tas untuk umroh kami memberikan solusi baik pemilihan model, desain, ukuran, harga dan jaminan bilamana ada kerusakan diproduksi kami, kami akan memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Supplier Tas Haji – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi Tas Umroh Kami juga memproduksi berbagai macam tas untuk Anda yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Saat ini Omahkreasitas telah membantu produksi dari pelanggan kami mulai dari Pemerintahan, Biro Haji dan Biro Umroh dengan berbagai macam model, desain, ukuran, dan jaminan dari kami bila mana ada kerusakan pada setiap produksi kami akan kami perbaiki secepat mungkin. Karena kepercayaan Anda kepada kami adalah Semangat kami dalam bekerja dan bekerjasama menjalin hubungan mitra kerja yang akan lebih baik. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Kami dapat memproduksi tas Haji dengan jumlah banyak dan satuan.

Artikel Lain : Kain Satin, Kelebihan Kain Satin Karakteristik Kain Satin, dan Harga Kain Satin

Supplier Tas Seminar – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Seminar Omahkreasitas siap memproduksi pesanan tas seminar untuk Anda yang membutuhkan tas seminar, untuk kegiatan seminar yang akan anda laksanakan, dengan ukuran, model dan desain yang dapat anda buat sendiri atau kami akan memberikan solusi model, desain, ukuran dan estimasi biaya untuk produksi pembuatan tas seminar yang Anda pesan kepada kami. Anda dapat memesan tas seminar dengan jumlah nanyak dan satuan. Dengan jaminan jika ada kerusakan pada setiap produksi kami kami akan meganti dan jika masih dapat diperbaiki kami akan berusaha memperbaiki produksi tas seminar yang kami buat. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Supplier Tas Promosi – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Untuk Anda yang membutuhkan tas promosi untuk usaha Anda kami dapat membantu memproduksi tas promosi. Kami menyediakan berbagai macam model, bentuk, ukuran dan desain untuk tas promosi. Omahkreasitas memberikan jaminan pada setiap kerusakan produksi tas promosi bila terjadi kerusakan tas yang kami produksi. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Saat ini omahkreasitas telah memiliki memproduksi berbagai macam model tas promosi dari pesanan pelanggan kami di berbagai kota di Indonesia. Anda dapat memesan dengan jumlah banyak atau dengan jumlah satuan juga bisa.

Supplier Tas Koper – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda sedang mencari produsen tas koper, Kami siap membantu Anda memproduksi tas koper pesanan Anda, Anda memiliki desain, ukuran model model tas koper, Bila Anda sudah memiliki model dan ukuran ingin memproduksinya kami akan membantu Anda, dengan jaminan dari kami jika terjadi kerusakan, kesalahan produksi tas koper yang Anda pesan kepada kami, kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas koper yang kami produksi dapat dipesan dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Troli / Tas Troly – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda ingin membuat tas troli, kami juga dapat membuat dan memproduksi berbagai macam model, bentuk dan ukuran tas troli. Jika anda kesulitan mencari bahan dan model bentuk tas troli yang akan anda buat, kami akan merekomendasi beberapa model, desain dan ukuran untuk tas Anda. kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas troli produksi kami dengan jumlah banyak ataupun satuan.

Supplier Tas Ransel – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi tas koper omahkreasitas juga dapat memproduksi berbagai macam tas seperti tas ransel, tas ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel juga digunakan untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan (clutch) untuk mengangkat benda berat, karena keterbatasannya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama.

Tas Ransel Produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Batik – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami memiliki juga dapat memproduksi tas dengan bahan batik, atau dengan kombinasi kain batik, bahan kain batik biasanya untuk menambah nilai minilais dan seni pada tas yang akan dibuat, Anda dapat memesan jenis tas bahan batik atau Anda dapat memesan dengan bahan kombinasi batik sesuai model yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas batik dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Supplier Tas Kanvas – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Kanvas, kami juga telah banyak memproduksi tas berbahan dasar kanvas dari pelanggan-pelanggan kami diseluruh Nusantara, Model, Desain, Ukuran dapat Anda tentukan sendiri dan kami akan membuat / memproduksi sesuai dengan model dan desain yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. – ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas kanvas dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai kebutuhan Anda.

Supplier Tas Backpack – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Backpack Selain memproduksi tas Kanvas omahkreasitas dapat memproduksi Tas Backpack, dengan ukuran, model, desain, yang dapat Anda tentukan, jika Anda belum memiliki model dan ukuran, serta gambaran mengenai tas backpack yang ingin Anda buat kami dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada Anda. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Produksi tas backpack kami dapat diproduksi dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Laptop / Netbook / Notebook – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Laptop biasanya digunakan untuk menaruh dan membawa elektronik berupa laptop / notebook, tas laprop didesain dengan beberapa model dan ukuran. Serta dibuat dengan beberapa lapis bahan. Jika Anda memperlukan tas laptop, netbook, notebook kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas laptop / netbook / notebook dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Map case – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga bisa membantu produksi Map Case, Jika Anda ingin membuat tas Map Case dan sudah memiliki desain, model, ukuran Anda dapat menghubungi kami. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas map case sesuai kebutuhan Anda, baik jumlah banyak maupun satuan.

Supplier Tas Travel – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Travel adalah pergerakan orang antara lokasi geografis yang relative jauh, dan dapat melibatkan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, mobil, kreta api, kapal, pesawat atau cara lain, dengan atau tanpa bagasi, dan dapat menjadi salah satu cara atau round trip. Travel juga dapat mencakup menginap yang relatif singkat. Anda ingin membuat Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda saat ini sedang membutuhkan tas travel, Sudah memiliki desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, namun kebingungan dalam memilih produsen, Kami dapat membantu Anda untuk memproduksi tas travel Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran mengenai desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, kami akan membantu Anda memberikan rekomendasi mengenai bahan, model dan desain yang ingin Anda produksi.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Artikel Lainnya : Jenis-Jenis Bahan Katun 

Anda bisa memesan tas Travel kami dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Ransel dan Tas Ransel Sekolah – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami selain memproduksi tas ransel biasa, juga bisa memproduksi tas ransel untuk sekolah, Kuliah, desain dan ukuran yang ingin Anda pesan dengan senang hati kami siap membantu Anda membuatkannya sesuai dengan model pesanan Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran, desain, model dan ukuran kami akan memberikan rekomendasi kepada Anda. Dan Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Ransel Sekolah kami dapat dipesan dengan jumlah yang banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Sling bag – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Sebuah tas messenger ( juga disebut tas kurir ) adalah jenis tas, biasnya terbuat dari bahan sintetik alami atau), yang dikenakan diatas satu bahu dengan tali yang melintasi dada dan menyambung kembali dengan tas dibagian bawah. Tas messenger biasanya digunakan oleh kurir, tas messenger sekarang merupakan icon fasion perkotaan. Beberapa jenis tas messenger disebut carryalls. Sebuah versi yang lebih kecil sering disebut sling bag.

Anda sedang ingin membuat tas dengan model seperti sling bag, kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami dapat membuat tas sling bag dengan jumlah banyak dan satuan pesanan.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Sling Bag produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Goody Bag – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga menerima pesanan pembuatan dan produksi goody bag, Anda dapat menghubungi kami, jika Anda sudah memiliki desain, model dan ukuran dapat kami rekomendasi untuk bahan bahan dan estimasi biaya.

Alamat : JL.Pucang Gading Raya, Perum Pucang tama XIII, No.15 RT 01/RW 28 Mranggen Demak

Kontak :