Sejarah Sulawesi

 

Sulawesi atau Pulau Sulawesi (Sebuatan nama dalam bahasa inggris : Calebes) adalah sebuah kepulauan dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. Dengan luas wilayah 174.600 km, Sulawesi Merupakan pulau terbesar ke 11 di dunia. Di Indonesia hanya luas pulau Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada Pulau Sulawesi, Sementara dari segi populasi hanya pulau jawa dan Sumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.

Etimologi Sulawesi

Nama Sulawesi diperkirakan berasal dari kata dalam Bahasa Sulawesi tengah yaitu sula yang berarti Nusa (Pulau) dan kata wesi berarti besi (logam), yang mungkin merujuk pada perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang terdapat disekitar Danau Matano, Dekat Sarowaku, Luwu Timur. Sedangkan bangsa/orang-orang Portugis yang datang sekitar abad ke 14-15 masehi adalah bangsa asing pertama yang menggunakan nama Calebes untuk menyebut nama pulau Sulawesi secara keseluruhan.

Sejarah abad ke 13, akses terhadap barang perdagangan berharga dan sumber mineral besi mulai mengubah pola lama budaya Sulawesi, dan ini memungkinkan individu yang ambisius untuk membangun unit politik yang lebih besar. Tidak diketahui mengapa kedua hal tersebut muncul bersama-sama, mungkin salah satu adalah hasil yang lain. Pada 1400an, Sejumlah Kerajaan pertanian yang baru telah muncul di barat lembah Canrana, serta di daerah pantai selatan dan di pantai timur dekat pare pare yang modern.

Orang-orang Eropa pertama kali mengunjungi pulau ini (yang dipercayai sebagai Negara kepulauan karena bentuknya yang mengkerut) adalah pelaut portugis pada tahun 1525, dikirim dari Maluku untuk mencari emas, yang kepulauannya memiliki reputasi penghasil emas, Belanda tiba tahun 1605 dan dengan cepat diikuti oleh Inggris, lalu mendirikan pabrik di Makassar. Sejak 1660, Belanda berperang melawan Kerajaan Gowa Makassar terutama di bagian pesisisr barat yang berkuasa pada tahun 1669, Laksamana Speeiman memaksa penguasa, Sultan Hasanuddin, untuk menandatangani Perjanjian Bongaya, yang menyerahkan Kontrol perdagangan ke Perusahaan Hindia Belanda. Belanda dibantu dalam penaklukan mereka oleh panglima perang Bugis Arung Palakka, Penguasa Kerajaan Bugis Bone. Belanda membangun benteng di Ujung Pandag. Sedangkan Arung Palakka menjadi penguasa daerah dan Kerajaan Bone menjadi dominan. Perkembangan politik dan budaya tampaknya telah melambat sebagai akibat dari status quo. Pada tahun 1905 seluruh Sulawesi menjadi bagian dari koloni Negara Belanda dari Hinddia sampai pendudukan Jepang dalam perang Dunia II. Selama Revolusi Nasional Indonesia, “TurkWesterling Kapten Belanda yang membunuh sedikitnya 4000 orang selama kampanye Sulawesi Selatan. Setelah perayaan kedaulatan pada Desember 1949, Sulawesi menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). Dan pada tahun 1950 menjadi tergabung dalam kesatuan Republik Indonesia.

Pada saat Kemerdekaan Indonesia, Sulawesi bersatu sebagai provinsi dengan bentuk provinsi otonom di bawah Kepimpinan Gubernur. Provinsi Sulawesi ketika itu beribu kota di Makassar, dengan Gubernur DR.G.S.S.J  Ratulangi. Bentuk Sistem pemerintahan provinsi ini merupakan perintis bagi perkembangan selanjutnya, Hingga dapat melampaui masa-masa di saat Sulawesi Berada dalam Negara Indonesia Timur (NIT) dan Kemudian NIT Menjadi Negara bagian dari Negara federasi Republik Indonesia Serikat (RIS) saat RIS dibubarkan dan kembali kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sulawesi statusnya dipertegas kembali menjadi provinsi. Status Provinsi Sulawesi Kemudian terus berlanjut sampai pada tahun 1960.




Berikut Sejarah Singkat Sulawesi Olah : Omahkreasitas dari beberapa sumber

Omahkreasitas.com atau Omahkreasitas membuka layanan Produsen Pembuatan Berbagai macam model tas seperti :

  • Produsen Tas Haji ( Sulawesi )

Banyak masyarakat muslim di Sulawesi ketika ingin pergi berhaji membutuhkan tas koper yang cukup besar dari beberapa pelanggan kami yang berada di Sulawesi mereka memesan dengan model dan berbagai ukuran yang mereka sesuaikan. Tidak hanya itu saja kami dapat memberikan saran dan rekomendasi model dan ukuran yang dapat anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhaan Anda saat berpergian Haji.

  • Prosuden Tas Umroh ( Sulawesi )

Tidak hanya tas untuk jamaah Haji, Omahkreasitas juga menyediakan berbagai macam model tas koper untuk Anda Jamaah Umroh Sulawesi, mungkin tidak jauh beda dengan tas saat bepergian haji dan umroh.

  • Produsen Tas Ransel ( Sulawesi )

Selain memproduksi tas Haji dan Tas Umroh Kami Juga dapat memproduksi berbagai macam model tas Ransel. Kami telah memiliki beberapa pelanggan setia untuk wilayah Sulawesi yang setiap bulannya kami mengirimkan tas ransel ke Sulawesi.

  • Produsen Tas Kanvas ( Sulawesi )

Omahkreasitas dapat memproduksi berbagai macam model tas berbahan kanvas untuk pelanggan kami. Produksi tas kanvas kami mencakup seluruh tanah air untuk Anda warga Sulawesi yang sedang membutuhkan tas berbahan kanvas dan berbagai model kami siap menjalin kersama dengan anda dengan berbagai jaminan yang kami sediakan.




  • Produsen Tas Promosi ( Sulawesi )

Tas promosi biasanya digunakan untuk promosi saat pemilik produk ingin memberikan sesuatu yang lebih kepada pelanggan mereka. Pelanggan kami tas promosi dari Sulawesi juga dapat berkonsultasi kepada kami jika ingin membuat tas promosi, dan anda dapat menyesuaikan dengan budget Anda tentunya tetap berkualitas.

  • Produsen Tas Backpack ( Sulawesi )

Omahkreasitas juga memproduksi berbagai macam model tas backpack untuk anda warga masyarakat sekitar Sulawesi, produksi kami tidak kalah dengan kualitas brand brand yang sudah terkenal. Kami memiliki beberapa pelanggan untuk model tas backpack yang telah kami kirimkan untuk pelanggan kami yang berada di Sulawesi.

  • Produsen Tas Troli / Tas Koper ( Sulawesi )

Untuk anda yang ingin memesan tas troli anda dapat berkonsultasi dengan kami dengan berbagai ukuran dan berbagai macam model yang dapat anda lihat di gallery produksi kami.

  • Produsen Tas Netbook, Notebook, Laptop ( Sulawesi )

Untuk Anda para pedagang / pemilik toko netbook yang berada di Sulawesi kami membuka layanan pembuatan tas netbook untuk wilayah Sulawesi. Anda dapat berkonsultasi dengan kami saat ingin membuat tas netbook.

  • Produsen Tas Ransel Sekolah ( Sulawesi )

Jika anda sedang mencari tas untuk sekolahan anda dengan jumlah banyak kami dapat membuatkan dan mengirimkan sesuai dengan pesanan Anda, sebelum membuat Anda dapat menghubungi kami untuk bertanya soal bahan, ukuran, desain dll.

Produksi kami Garansi bilamana terdapat kerusakan pada produksi tas tas yang kami buat. Untuk layanan Garansi Anda dapat menghubungi kami secepatnya setelah pengiriman sampai. Jadi tunggu apa lagi jika masih ada Garansi jaminan.

Layanan Konsultasi Tanya Jawab Mengenai Rekomendasi; Bahan, Desain, Pengiriman, dan Lain sebagainya dapat menghubungi kontak dibawah ini :