Biografi Laksamana Cheng Ho

Biografi Laksamana Cheng Ho. Beliau adalah seorang kasim Muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao, berasal dari provinsi Yunnan. Ketika pasukan Ming menaklukkan Yunnan, Cheng Ho ditangkap dan kemudian dijadikan orang kasim. Ia adalah seorang bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, namun beragama Islam. Dalam Ming Shi (Sejarah Dinasti Ming) tak terdapat banyak keterangan yang menyinggung tentang asal-usul Cheng Ho. Cuma disebutkan bahwa dia berasal dari Provinsi Yunnan, dikenal sebagai kasim (abdi) San Bao. Nama itu dalam dialek Fujian biasa diucapkan San Po, Sam Poo, atau Sam Po. Sumber lain menyebutkan, Ma He (nama kecil Cheng Ho) yang lahir tahun Hong Wu ke-4 (1371 M) merupakan anak ke-2 pasangan Ma Hazhi dan Wen.

Saat Ma He berumur 12 tahun, Yunnan yang dikuasai Dinasti Yuan direbut oleh Dinasti Ming. Para pemuda ditawan, bahkan dikebiri, lalu dibawa ke Nanjing untuk dijadikan kasim istana. Tak terkecuali Cheng Ho yang diabdikan kepada Raja Zhu Di di istana Beiping (kini Beijing).

Di depan Zhu Di, kasim San Bao berhasil menunjukkan kehebatan dan keberaniannya. Misalnya saat memimpin anak buahnya dalam serangan militer melawan Kaisar Zhu Yunwen (Dinasti Ming). Abdi yang berpostur tinggi besar dan bermuka lebar ini tampak begitu gagah melibas lawan-lawannya. Akhirnya Zhu Di berhasil merebut tahta kaisar.

Ketika kaisar mencanangkan program pengembalian kejayaan Tiongkok yang merosot akibat kejatuhan Dinasti Mongol (1368), Cheng Ho menawarkan diri untuk mengadakan muhibah ke berbagai penjuru negeri. Kaisar sempat kaget sekaligus terharu mendengar permintaan yang tergolong nekad itu. Bagaimana tidak, amanah itu harus dilakukan dengan mengarungi samudera. Namun karena yang hendak menjalani adalah orang yang dikenal berani, kaisar oke saja.

Ekspedisi Pelayaran Laksama Cheng Ho


Berangkatlah armada Tiongkok di bawah komando Cheng Ho (1405). Terlebih dahulu rombongan besar itu menunaikan shalat di sebuah masjid tua di kota Quanzhou (Provinsi Fujian). Pelayaran pertama ini mampu mencapai wilayah Asia Tenggara (Semenanjung Malaya, Sumatera, dan Jawa). Tahun 1407-1409 berangkat lagi dalam ekspedisi kedua. Ekspedisi ketiga dilakukan 1409-1411. Ketiga ekspedisi tersebut menjangkau India dan Srilanka. Tahun 1413-1415 kembali melaksanakan ekspedisi, kali ini mencapai Aden, Teluk Persia, dan Mogadishu (Afrika Timur). Jalur ini diulang kembali pada ekspedisi kelima (1417-1419) dan keenam (1421-1422). Ekspedisi terakhir (1431-1433) berhasil mencapai Laut Merah.

Cheng Ho berlayar ke Malaka pada abad ke-15. Saat itu, seorang putri Tiongkok, Hang Li Po (atau Hang Liu), dikirim oleh kaisar Tiongkok untuk menikahi Raja Malaka (Sultan Mansur Shah). Pada tahun 1424, kaisar Yongle wafat. Penggantinya, Kaisar Hongxi (berkuasa tahun 1424-1425, memutuskan untuk mengurangi pengaruh kasim di lingkungan kerajaan. Cheng Ho melakukan satu ekspedisi lagi pada masa kekuasaan Kaisar Xuande (berkuasa 1426-1435).

Kapal yang ditumpangi Cheng Ho disebut ‘kapal pusaka’ merupakan kapal terbesar pada abad ke-15. Panjangnya mencapai 44,4 zhang (138 m) dan lebar 18 zhang (56 m). Lima kali lebih besar daripada kapal Columbus. Menurut sejarawan, JV Mills kapasitas kapal tersebut 2500 ton.

Model kapal itu menjadi inspirasi petualang Spanyol dan Portugal serta pelayaran modern di masa kini. Desainnya bagus, tahan terhadap serangan badai, serta dilengkapi teknologi yang saat itu tergolong canggih seperti kompas magnetik. Cheng Ho melakukan ekspedisi ke berbagai daerah di Asia dan Afrika, antara lain:

  • Vietnam
  • Taiwan
  • Malaka / bagian dari Malaysia
  • Sumatra / bagian dari Indonesia
  • Jawa / bagian dari Indonesia
  • Sri Lanka
  • India bagian Selatan
  • Persia
  • Teluk Persia
  • Arab
  • Laut Merah, ke utara hingga Mesir
  • Afrika, ke selatan hingga Selat Mozambik

Karena beragama Islam, para temannya mengetahui bahwa Cheng Ho sangat ingin melakukan Haji ke Mekkah seperti yang telah dilakukan oleh almarhum ayahnya, tetapi para arkeolog dan para ahli sejarah belum mempunyai bukti kuat mengenai hal ini. Cheng Ho melakukan ekspedisi paling sedikit tujuh kali dengan menggunakan kapal armadanya.

Armada ini terdiri dari 27.000 anak buah kapal dan 307 (armada) kapal laut. Terdiri dari kapal besar dan kecil, dari kapal bertiang layar tiga hingga bertiang layar sembilan buah. Kapal terbesar mempunyai panjang sekitar 400 feet atau 120 meter dan lebar 160 feet atau 50 meter. Rangka layar kapal terdiri dari bambu Tiongkok. Selama berlayar mereka membawa perbekalan yang beragam termasuk binatang seperti sapi, ayam dan kambing yang kemudian dapat disembelih untuk para anak buah kapal selama di perjalanan. Selain itu, juga membawa begitu banyak bambu Tiongkok sebagai suku cadang rangka tiang kapal berikut juga tidak ketinggalan membawa kain Sutera untuk dijual.

Dalam ekspedisi ini, Cheng Ho membawa balik berbagai penghargaan dan utusan lebih dari 30 kerajaan – termasuk Raja Alagonakkara dari Sri Lanka, yang datang ke Tiongkok untuk meminta maaf kepada kaisar Tiongkok. Pada saat pulang Cheng Ho membawa banyak barang-barang berharga diantaranya kulit dan getah pohon Kemenyan, batu permata (ruby, emerald dan lain-lain) bahkan beberapa orang Afrika, India dan Arab sebagai bukti perjalanannya. Selain itu juga membawa pulang beberapa binatang asli Afrika termasuk sepasang jerapah sebagai hadiah dari salah satu Raja Afrika, tetapi sayangnya satu jerapah mati dalam perjalanan pulang.

Majalah Life menempatkan Cheng Ho sebagai nomor 14 orang terpenting dalam milenium terakhir. Perjalanan Cheng Ho ini menghasilkan Peta Navigasi Cheng Ho yang mampu mengubah peta navigasi dunia sampai abad ke-15. Dalam buku ini terdapat 24 peta navigasi mengenai arah pelayaran, jarak di lautan, dan berbagai pelabuhan.

Cheng Ho adalah penjelajah dengan armada kapal terbanyak sepanjang sejarah dunia yang pernah tercatat. Juga memiliki kapal kayu terbesar dan terbanyak sepanjang masa hingga saat ini. Selain itu beliau adalah pemimpin yang arif dan bijaksana, mengingat dengan armada yang begitu banyaknya beliau dan para anak buahnya tidak pernah menjajah negara atau wilayah dimanapun tempat para armadanya merapat.

Semasa di India termasuk ke Kalkuta, para anak buah juga membawa seni beladiri lokal yang bernama Kallary Payatt yang mana setelah dikembangkan di negeri Tiongkok menjadi seni beladiri Kungfu. Sebagai orang Hui (etnis di Cina yang identik dengan Muslim) Cheng Ho sudah memeluk agama Islam sejak lahir. Kakeknya seorang haji. Ayahnya, Ma Hazhi, juga sudah menunaikan rukun Islam kelima itu. Menurut Hembing Wijayakusuma, nama hazhi dalam bahasa Mandarin memang mengacu pada kata ‘haji’.

Bulan Ramadhan adalah masa yang sangat ditunggu-tunggu Cheng Ho. Pada tanggal 7 Desember 1411 sesudah pelayarannya yang ke-3, pejabat di istana Beijing ini menyempatkan mudik ke kampungnya, Kunyang, untuk berziarah ke makam sang ayah. Ketika Ramadhan tiba, Cheng Ho memilih berpuasa di kampungnya yang senantiasa semarak. Dia tenggelam dalam kegiatan keagamaan sampai Idul Fitri tiba.

Setiap kali berlayar, banyak awak kapal beragama Islam yang turut serta. Sebelum melaut, mereka melaksanakan shalat jamaah. Beberapa tokoh Muslim yang pernah ikut adalah Ma Huan, Guo Chongli, Fei Xin, Hassan, Sha’ban, dan Pu Heri. “Kapal-kapalnya diisi dengan prajurit yang kebanyakan terdiri atas orang Islam,” tulis HAMKA. Ma Huan dan Guo Chongli yang fasih berbahasa Arab dan Persia, bertugas sebagai penerjemah. Sedangkan Hassan yang juga pimpinan Masjid Tang Shi di Xian (Provinsi Shan Xi), berperan mempererat hubungan diplomasi Tiongkok dengan negeri-negeri Islam. Hassan juga bertugas memimpin kegiatan-kegiatan keagamaan dalam rombongan ekspedisi, misalnya dalam melaksanakan penguburan jenazah di laut atau memimpin shalat hajat ketika armadanya diserang badai.

Kemakmuran masjid juga tak pernah dilupakan Cheng Ho. Tahun 1413 dia merenovasi Masjid Qinging (timur laut Kabupaten Xian). Tahun 1430 memugar Masjid San San di Nanjing yang rusak karena terbakar. Pemugaran masjid mendapat bantuan langsung dari kaisar. Beberapa sejarawan meyakini bahwa petualang sejati ini sudah menunaikan ibadah haji. Memang tak ada catatan sejarah yang membuktikan itu, tapi pelaksanaan haji kemungkinan dilakukan saat ekspedisi terakhir (1431-1433). Saat itu rombongannya memang singgah di Jeddah.

Selama hidupnya Cheng Ho memang sering mengutarakan hasrat untuk pergi haji sebagaimana kakek dan ayahnya. Obsesi ini bahkan terbawa sampai menjelang ajalnya. Sampai-sampai ia mengutus Ma Huan pergi ke Mekah agar melukiskan Ka’bah untuknya. Muslim pemberani ini meninggal pada tahun 1433 di Calicut (India), dalam pelayaran terakhirnya.

Cheng Ho dan Indonesia

Cheng Ho mengunjungi kepulauan di Indonesia selama tujuh kali. Ketika ke Samudera Pasai, ia memberi lonceng raksasa “Cakra Donya” kepada Sultan Aceh, yang kini tersimpan di museum Banda Aceh. Tahun 1415, Cheng Ho berlabuh di Muara Jati (Cirebon), dan menghadiahi beberapa cindera mata khas Tiongkok kepada Sultan Cirebon. Salah satu peninggalannya, sebuah piring yang bertuliskan ayat Kursi masih tersimpan di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Pernah dalam perjalanannya melalui Laut Jawa, Wang Jinghong (orang kedua dalam armada Cheng Ho) sakit keras. Wang akhirnya turun di pantai Simongan, Semarang, dan menetap di sana. Salah satu bukti peninggalannya antara lain Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu) serta patung yang disebut Mbah Ledakar Juragan Dampo Awang Sam Po Kong. Cheng Ho juga sempat berkunjung ke Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan raja Wikramawardhana.

Referensi : biografiku.com

Pabrik Tas Umroh – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Memproduksi Tas Umroh, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ibadah Umroh Tentu anda membutuhkan tas dengan ukuran yang dapat membawa barang dan perlengkapan Anda selama beribadah umroh ditanah suci mekkah, kami memproduksi tas umroh bagi Anda yang membutuhkan, kami memiliki pelanggan diseluruh Indonesia yang menjadi mitra. kami untuk menyediakan tas umroh berbagai macam dan model, desain dan ukuran yang dapat Anda pilih dan Anda tentukan sendiriKami dapat memproduksi tas umroh dengan jumlah banyak dan satuan. Jika anda belum memiliki desain dan membutuhkan solusi pembuatan tas untuk umroh kami memberikan solusi baik pemilihan model, desain, ukuran, harga dan jaminan bilamana ada kerusakan diproduksi kami, kami akan memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Pabrik Tas Haji – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi Tas Umroh Kami juga memproduksi berbagai macam tas untuk Anda yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Saat ini Omahkreasitas telah membantu produksi dari pelanggan kami mulai dari Pemerintahan, Biro Haji dan Biro Umroh dengan berbagai macam model, desain, ukuran, dan jaminan dari kami bila mana ada kerusakan pada setiap produksi kami akan kami perbaiki secepat mungkin. Karena kepercayaan Anda kepada kami adalah Semangat kami dalam bekerja dan bekerjasama menjalin hubungan mitra kerja yang akan lebih baik. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Kami dapat memproduksi tas Haji dengan jumlah banyak dan satuan.

Artikel Lain : Kain Satin, Kelebihan Kain Satin Karakteristik Kain Satin, dan Harga Kain Satin

Pabrik Tas Seminar – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Seminar Omahkreasitas siap memproduksi pesanan tas seminar untuk Anda yang membutuhkan tas seminar, untuk kegiatan seminar yang akan anda laksanakan, dengan ukuran, model dan desain yang dapat anda buat sendiri atau kami akan memberikan solusi model, desain, ukuran dan estimasi biaya untuk produksi pembuatan tas seminar yang Anda pesan kepada kami. Anda dapat memesan tas seminar dengan jumlah nanyak dan satuan. Dengan jaminan jika ada kerusakan pada setiap produksi kami kami akan meganti dan jika masih dapat diperbaiki kami akan berusaha memperbaiki produksi tas seminar yang kami buat. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Pabrik Tas Promosi – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Untuk Anda yang membutuhkan tas promosi untuk usaha Anda kami dapat membantu memproduksi tas promosi. Kami menyediakan berbagai macam model, bentuk, ukuran dan desain untuk tas promosi. Omahkreasitas memberikan jaminan pada setiap kerusakan produksi tas promosi bila terjadi kerusakan tas yang kami produksi. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Saat ini omahkreasitas telah memiliki memproduksi berbagai macam model tas promosi dari pesanan pelanggan kami di berbagai kota di Indonesia. Anda dapat memesan dengan jumlah banyak atau dengan jumlah satuan juga bisa.

Pabrik Tas Koper – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda sedang mencari produsen tas koper, Kami siap membantu Anda memproduksi tas koper pesanan Anda, Anda memiliki desain, ukuran model model tas koper, Bila Anda sudah memiliki model dan ukuran ingin memproduksinya kami akan membantu Anda, dengan jaminan dari kami jika terjadi kerusakan, kesalahan produksi tas koper yang Anda pesan kepada kami, kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas koper yang kami produksi dapat dipesan dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Pabrik Tas Troli / Tas Troly – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda ingin membuat tas troli, kami juga dapat membuat dan memproduksi berbagai macam model, bentuk dan ukuran tas troli. Jika anda kesulitan mencari bahan dan model bentuk tas troli yang akan anda buat, kami akan merekomendasi beberapa model, desain dan ukuran untuk tas Anda. kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas troli produksi kami dengan jumlah banyak ataupun satuan.

Pabrik Tas Ransel – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi tas koper omahkreasitas juga dapat memproduksi berbagai macam tas seperti tas ransel, tas ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel juga digunakan untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan (clutch) untuk mengangkat benda berat, karena keterbatasannya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama.

Tas Ransel Produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Pabrik Tas Batik – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami memiliki juga dapat memproduksi tas dengan bahan batik, atau dengan kombinasi kain batik, bahan kain batik biasanya untuk menambah nilai minilais dan seni pada tas yang akan dibuat, Anda dapat memesan jenis tas bahan batik atau Anda dapat memesan dengan bahan kombinasi batik sesuai model yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas batik dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Pabrik Tas Kanvas – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Kanvas, kami juga telah banyak memproduksi tas berbahan dasar kanvas dari pelanggan-pelanggan kami diseluruh Nusantara, Model, Desain, Ukuran dapat Anda tentukan sendiri dan kami akan membuat / memproduksi sesuai dengan model dan desain yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. – ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas kanvas dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai kebutuhan Anda.

Pabrik Tas Backpack – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Backpack Selain memproduksi tas Kanvas omahkreasitas dapat memproduksi Tas Backpack, dengan ukuran, model, desain, yang dapat Anda tentukan, jika Anda belum memiliki model dan ukuran, serta gambaran mengenai tas backpack yang ingin Anda buat kami dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada Anda. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Produksi tas backpack kami dapat diproduksi dengan jumlah banyak dan satuan.

Pabrik Tas Laptop / Netbook / Notebook – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Laptop biasanya digunakan untuk menaruh dan membawa elektronik berupa laptop / notebook, tas laprop didesain dengan beberapa model dan ukuran. Serta dibuat dengan beberapa lapis bahan. Jika Anda memperlukan tas laptop, netbook, notebook kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas laptop / netbook / notebook dengan jumlah banyak dan satuan.

Pabrik Tas Map case – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga bisa membantu produksi Map Case, Jika Anda ingin membuat tas Map Case dan sudah memiliki desain, model, ukuran Anda dapat menghubungi kami. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas map case sesuai kebutuhan Anda, baik jumlah banyak maupun satuan.

Pabrik Tas Travel – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Travel adalah pergerakan orang antara lokasi geografis yang relative jauh, dan dapat melibatkan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, mobil, kreta api, kapal, pesawat atau cara lain, dengan atau tanpa bagasi, dan dapat menjadi salah satu cara atau round trip. Travel juga dapat mencakup menginap yang relatif singkat. Anda ingin membuat Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda saat ini sedang membutuhkan tas travel, Sudah memiliki desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, namun kebingungan dalam memilih produsen, Kami dapat membantu Anda untuk memproduksi tas travel Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran mengenai desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, kami akan membantu Anda memberikan rekomendasi mengenai bahan, model dan desain yang ingin Anda produksi.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Artikel Lainnya : Jenis-Jenis Bahan Katun 

Anda bisa memesan tas Travel kami dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Pabrik Tas Ransel dan Tas Ransel Sekolah – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami selain memproduksi tas ransel biasa, juga bisa memproduksi tas ransel untuk sekolah, Kuliah, desain dan ukuran yang ingin Anda pesan dengan senang hati kami siap membantu Anda membuatkannya sesuai dengan model pesanan Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran, desain, model dan ukuran kami akan memberikan rekomendasi kepada Anda. Dan Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Ransel Sekolah kami dapat dipesan dengan jumlah yang banyak dan jumlah satuan.

Pabrik Tas Sling bag – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Sebuah tas messenger ( juga disebut tas kurir ) adalah jenis tas, biasnya terbuat dari bahan sintetik alami atau), yang dikenakan diatas satu bahu dengan tali yang melintasi dada dan menyambung kembali dengan tas dibagian bawah. Tas messenger biasanya digunakan oleh kurir, tas messenger sekarang merupakan icon fasion perkotaan. Beberapa jenis tas messenger disebut carryalls. Sebuah versi yang lebih kecil sering disebut sling bag.

Anda sedang ingin membuat tas dengan model seperti sling bag, kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami dapat membuat tas sling bag dengan jumlah banyak dan satuan pesanan.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Sling Bag produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Pabrik Goody Bag – Semarang ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga menerima pesanan pembuatan dan produksi goody bag, Anda dapat menghubungi kami, jika Anda sudah memiliki desain, model dan ukuran dapat kami rekomendasi untuk bahan bahan dan estimasi biaya.

Alamat : JL.Pucang Gading Raya, Perum Pucang tama XIII, No.15 RT 01/RW 28 Mranggen Demak

Kontak :