Bagikan Kepada Teman
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum di Dusun Lumpur, Desa Limbangan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes merupakan salah satu jejak penting dalam lintasan sejarah penyebaran Islam di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Pesantren ini terletak sekitar 2 kilometer dari jalan utama pantai utara (Pantura) Losari.

NU Online berhasil menelusuri pesantren yang cukup banyak menyimpan jejak sejarah penyebaran Islam di wilayah pesisir pantai utara Losari ini pada Senin (18/6/2018). Menurut penjelasan Pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum Lumpur KH Abdul Halim, pesantren yang saat ini dipimpinnya itu hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama melalui kajian kitab-kitab klasik selama enam generasi.

Tercatat, meskipun Pesantren Lumpur didirikan sekitar tiga abad setelah jejak penyebaran Islam masuk di wilayah Losari, tetapi perannya dalam menyebarkan ilmu agama di tengah masyarakat turut memperluas jaringan penyebaran Islam di Kabupaten Brebes.

Pesantren Lumpur mulai dirintis oleh KH Idris bin Ahmad Sholeh sekitar 1295 H atau 1874 M. Sedangkan jejak Islam masuk di wilayah Losari ditengarai sejak abad ke-15 ketika Losari telah ramai oleh kapal-kapal dagang dari berbagai negeri di Nusantara. Kiai Idris merupakan generasi awal yang merintis pesantren, sedangkan KH Abdul Halim merupakan generasi keempat.

Wilayah Losari secara keseluruhan tidak hanya terletak di Kabupaten Brebes, tetapi juga terbagi dua ke dalam wilayah Kabuaten Cirebon yang dipisahkan Sungai Cisanggarung yang sekaligus menjadi batas pemisah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut catatan sejarah dalam Babad Cirebon, nama Sungai Cisanggarung berasal dari nama salah seorang Raja Losari, Ki Ageng Sanggarung. Sungai besar ini juga menyimpan banyak legenda, salah satunya legenda siluman buaya karena sungai ini merupakan tempat berlindung siluman buaya.

Terkait jejak Islam di wilayah Losari ini juga dicatat oleh Tom Pires pada 1512-1515. Seseorang yang diutus Kerajaan Portugis ini ditugaskan oleh Raja Emanuel untuk menelusuri peluang ekonomi di wilayah-wilayah pesisir Asia Tenggara dan Asia Timur. Sebab saat itu basis ekonomi lintas benua dan negara menggunakan jalur-jalur pelabuhan. Pelabuhan Losari salah satu lokasi yang ramai disinggahi.

Tom Pires mencatatkan laporan perjalanannya dalam buku Suma Oriental (1513) dan diterbitkan dalam versi Bahasa Indonesia oleh Penerbit Ombak Yogyakarta pada 2015. Buku Suma Oriental pertama kali diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Armando Z. Cortesao pada 1944. Tentang Indonesia, Suma Oriental memuat informasi terutama tentang Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Saat itu, yang menjadi salah satu catatan penting Tom Pires ialah Pelabuhan Japura. Menurutnya, kemampuan Pelabuhan Japura sebanding dengan Muara Jati. Digambarkan Pires, Pelabuhan Japura yang terletak antara Cirebon dan Losari tersebut berpenduduk 2.000 orang yang tersebar di berbagai dusun.

Jejak Panembahan Losari

Kini, wilayah Losari yang terletak di Jawa Barat dan Jawa Tengah menunjukkan bahwa pengaruh Islam dari Cirebon juga kental mewarnai dan mempengaruhi penyebaran Islam di Kabupaten Brebes. Hal ini terbukti lewat jejak sejarah Kompleks Makam Pulosaren di wilayah Losari Lor (utara). Gerbang kompleks makam ini menggunakan arsitektur khas Keraton Cirebon. Di dalam kompleks makam ini juga terdapat kuburan tokoh penyebar Islam di Losari, Pangeran Angka Wijaya atau Panembahan Losari. Masyarakat sekitar menyebutnya Mbah Pulosaren.

Pangeran Angka Wijaya merupakan salah seorang cucu Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Djati. Ia mendapatkan tugas untuk menyebarluaskan dakwah dan ajaran Islam di wilayah Cirebon bagian timur, yaitu Losari. Jejak dakwah yang dilakukan oleh Pangeran Angka Wijaya menurut catatan sejarah dilakukan pada abad ke-16.

Karakter kuat yang dimiliki Pangeran Angka Wjiaya dalam upaya menyebarluaskan agama Islam diwarisi dari kakeknya sendiri, yaitu Sunan Gunung Djati. Sebelumnya, pola dakwah Islam yang sejuk dan ramah oleh Sunan Gunung Djati juga lahir dari seorang pamannya bernama Pengeran Cakrabuwana atau yang dikenal Mbah Kuwu Sangkan, makamnya ada daerah Cirebon Girang. Mbah Kuwu Sangkan merupakan tokoh utama babad alas Islam di Cirebon.

Setiap tahun, di Makam Pulosaren diselenggarakan kegiatan Haul Pangeran Angka Wijaya yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Brebes, pihak Keraton Kasepuhan Cirebon, dan ribuan masyarakat dengan mendatangkan kereta kencana. Kendaraan khas yang dahulu digunakan oleh pihak kerajaan ini sengaja didatangkan langsung oleh Keraton Kasepuhan Cirebon untuk digunakan dalam acara Kirab Panembahan Losari.

Makam Pangeran Angka Wijaya juga selalu ramai peziarah terutama ketika penyelenggaraan haul terus diperkuat oleh para pemangku kebijakan dengan tujuan agar masyarakat tidak lupa dengan akar sejarahnya, terutama sejarah penyebaran Islam di Losari yang dinilai menjadi titik sentral meluasnya Islam di seluruh Kabupaten Brebes. Makam Pulosaren sendiri menunjukkan bahwa pengaruh Islam dan karakter Kerajaan Cirebon cukup kuat.

Perkembangan Penyebaran Islam

Selain situs sejarah makam Pangeran Angka Wijaya, masyarakat Brebes juga bisa menelusuri jejak penyebaran Islam melalui makam Syekh Junaidi di Desa Randusanga Wetan, makam Mbah Idris di Desa Limbangan, dan beberapa situs makam yang terletak di wilayah Losari. Ada juga situs makam Pangeran Arya Penangsang di Dukuh Kosambi, Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung (Brebes bagian selatan).

Selain menelusuri sejarah melalui sejumlah tokoh, masyarakat juga bisa melengkapi catatan sejarah tentang penyebaran Islam di Brebes melalui beberapa pesantren tua. Berdirinya beberapa pesantren tua di Brebes juga menunjukkan bahwa penyebaran Islam berkembang dari pesisir laut mengarah ke daerah pegunungan di wilayah selatan Brebes.

Selain Pesantren Lumpur di Losari, di antara pesantren yang berusia cukup tua di Brebes ialah Pesantren Karangmalang di Ketanggungan (Brebes bagian tengah), Pesantren As-Salafiyah Luwungragi di Bulakamba yang saat ini dipimpin KH Subhan Makmun (Rais Syuriyah PBNU), dan tentu Pesantren Al-Hikmah di Benda Sirampog (Brebes bagian selatan) pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Masuk ke daerah Brebes kota, Masjid Agung Brebes juga merupakan salah satu situs sejarah penting tentang penyebaran Islam. Masjid yang berdiri megah di sebelah barat Alun-alun Brebes ini didirikan pada masa Bupati Raden Tumenggung Aria Singasari Panatayuda II (1836-1850).

Dari beberapa situs sejarah di atas dapat dipahami bahwa penyebaran Islam di Brebes mengalami perkembangan pesat pada abad ke-19 melalui beberapa tokoh dan kiai dengan mendirikan pesantren sebagai wadah menempa ilmu-ilmu agama kepada masyarakat yang bersumber dari kitab-kitab ulama klasik (kitab kuning).

Penyebaran Islam di wilayah pesisir Losari ini juga menunjukkan bahwa kajian sejarah tentang penyebaran Islam tidak melulu di pedalaman dan pegunungan seperti yang lebih banyak dilakukan oleh para peneliti. Karena justru Islam terlebih dahulu menyentuh masyarakat pesisir.

Kajian Islam Pesisir oleh Prof Nur Syam (LKiS, 2005) telah menjadi kritik mendasar bagi para peneliti Barat. Dalam pandangan para Indonesianis (peneliti Barat yang meneliti tentang Indonesia), kajian Islam Jawa cenderung hanya memotret latar masyarakat pedalaman dan pengunungan. Pandangan inilah yang membuat mereka melupakan masyarakat pesisir.

Resistensi Kolonial

Penyebaran agama Islam di Brebes ini bukan tanpa rintangan, sebab para tokoh dan kiai di pesantren harus menghadapi kekejaman kompeni Belanda kala itu. Bahkan, beberapa kiai mendapat ancaman di-bedil dari jarak dekat oleh Belanda karena dianggap mengancam eksistensi kolonial.

Para kiai pesantren di seluruh pelosok Nusantara paham betul, rakyat Indonesia sedang dalam kondisi kesengsaraan luar biasa karena penjajahan. Sebab itu, selain sebagai tempat menempa ilmu agama, pesantren juga dimanfaatkan oleh para kiai sebagai wadah pergerakan nasional secara kultural untuk melawan ketidakperikemanusiaan penjajah.

Walhasil, dari sejarah penyebaran Islam di Brebes tersebut, meskipun pengaruh Islam semakin besar, tetapi tidak serta merta memudarkan kearifan lokal (local wisdom). Banyak ditemui tradisi dan budaya masyarakat terdahulu yang masih bertahan hingga kini. Hal ini menunjukkan bahwa umat Islam di Brebes tidak tercerabut dari akar sosial masyarakatnya sebagai wujud keshalehan sosial selain memperkuat keshalehan spiritual.

Sumber : http://www.nu.or.id

 

 

Supplier Tas Umroh – Brebes ( Jawa Tengah )

 

Omahkreasitas – Memproduksi Tas Umroh, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ibadah Umroh Tentu anda membutuhkan tas dengan ukuran yang dapat membawa barang dan perlengkapan Anda selama beribadah umroh ditanah suci mekkah, kami memproduksi tas umroh bagi Anda yang membutuhkan, kami memiliki pelanggan diseluruh Indonesia yang menjadi mitra. kami untuk menyediakan tas umroh berbagai macam dan model, desain dan ukuran yang dapat Anda pilih dan Anda tentukan sendiriKami dapat memproduksi tas umroh dengan jumlah banyak dan satuan. Jika anda belum memiliki desain dan membutuhkan solusi pembuatan tas untuk umroh kami memberikan solusi baik pemilihan model, desain, ukuran, harga dan jaminan bilamana ada kerusakan diproduksi kami, kami akan memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Supplier Tas Haji – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi Tas Umroh Kami juga memproduksi berbagai macam tas untuk Anda yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Saat ini Omahkreasitas telah membantu produksi dari pelanggan kami mulai dari Pemerintahan, Biro Haji dan Biro Umroh dengan berbagai macam model, desain, ukuran, dan jaminan dari kami bila mana ada kerusakan pada setiap produksi kami akan kami perbaiki secepat mungkin. Karena kepercayaan Anda kepada kami adalah Semangat kami dalam bekerja dan bekerjasama menjalin hubungan mitra kerja yang akan lebih baik. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Kami dapat memproduksi tas Haji dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Seminar – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Seminar Omahkreasitas siap memproduksi pesanan tas seminar untuk Anda yang membutuhkan tas seminar, untuk kegiatan seminar yang akan anda laksanakan, dengan ukuran, model dan desain yang dapat anda buat sendiri atau kami akan memberikan solusi model, desain, ukuran dan estimasi biaya untuk produksi pembuatan tas seminar yang Anda pesan kepada kami. Anda dapat memesan tas seminar dengan jumlah nanyak dan satuan. Dengan jaminan jika ada kerusakan pada setiap produksi kami kami akan meganti dan jika masih dapat diperbaiki kami akan berusaha memperbaiki produksi tas seminar yang kami buat. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Supplier Tas Promosi – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Untuk Anda yang membutuhkan tas promosi untuk usaha Anda kami dapat membantu memproduksi tas promosi. Kami menyediakan berbagai macam model, bentuk, ukuran dan desain untuk tas promosi. Omahkreasitas memberikan jaminan pada setiap kerusakan produksi tas promosi bila terjadi kerusakan tas yang kami produksi. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Saat ini omahkreasitas telah memiliki memproduksi berbagai macam model tas promosi dari pesanan pelanggan kami di berbagai kota di Indonesia. Anda dapat memesan dengan jumlah banyak atau dengan jumlah satuan juga bisa.

Supplier Tas Koper – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda sedang mencari produsen tas koper, Kami siap membantu Anda memproduksi tas koper pesanan Anda, Anda memiliki desain, ukuran model model tas koper, Bila Anda sudah memiliki model dan ukuran ingin memproduksinya kami akan membantu Anda, dengan jaminan dari kami jika terjadi kerusakan, kesalahan produksi tas koper yang Anda pesan kepada kami, kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas koper yang kami produksi dapat dipesan dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Troli / Tas Troly – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Anda ingin membuat tas troli, kami juga dapat membuat dan memproduksi berbagai macam model, bentuk dan ukuran tas troli. Jika anda kesulitan mencari bahan dan model bentuk tas troli yang akan anda buat, kami akan merekomendasi beberapa model, desain dan ukuran untuk tas Anda. kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas troli produksi kami dengan jumlah banyak ataupun satuan.

Supplier Tas Ransel – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Selain memproduksi tas koper omahkreasitas juga dapat memproduksi berbagai macam tas seperti tas ransel, tas ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel juga digunakan untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan (clutch) untuk mengangkat benda berat, karena keterbatasannya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama.

Tas Ransel Produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Batik – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami memiliki juga dapat memproduksi tas dengan bahan batik, atau dengan kombinasi kain batik, bahan kain batik biasanya untuk menambah nilai minilais dan seni pada tas yang akan dibuat, Anda dapat memesan jenis tas bahan batik atau Anda dapat memesan dengan bahan kombinasi batik sesuai model yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas batik dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Supplier Tas Kanvas – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Kanvas, kami juga telah banyak memproduksi tas berbahan dasar kanvas dari pelanggan-pelanggan kami diseluruh Nusantara, Model, Desain, Ukuran dapat Anda tentukan sendiri dan kami akan membuat / memproduksi sesuai dengan model dan desain yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. – ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas kanvas dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai kebutuhan Anda.

Supplier Tas Backpack – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Backpack Selain memproduksi tas Kanvas omahkreasitas dapat memproduksi Tas Backpack, dengan ukuran, model, desain, yang dapat Anda tentukan, jika Anda belum memiliki model dan ukuran, serta gambaran mengenai tas backpack yang ingin Anda buat kami dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada Anda. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Produksi tas backpack kami dapat diproduksi dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Laptop / Netbook / Notebook – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Tas Laptop biasanya digunakan untuk menaruh dan membawa elektronik berupa laptop / notebook, tas laprop didesain dengan beberapa model dan ukuran. Serta dibuat dengan beberapa lapis bahan. Jika Anda memperlukan tas laptop, netbook, notebook kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas laptop / netbook / notebook dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Tas Map case – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga bisa membantu produksi Map Case, Jika Anda ingin membuat tas Map Case dan sudah memiliki desain, model, ukuran Anda dapat menghubungi kami. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas map case sesuai kebutuhan Anda, baik jumlah banyak maupun satuan.

Supplier Tas Travel – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Travel adalah pergerakan orang antara lokasi geografis yang relative jauh, dan dapat melibatkan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, mobil, kreta api, kapal, pesawat atau cara lain, dengan atau tanpa bagasi, dan dapat menjadi salah satu cara atau round trip. Travel juga dapat mencakup menginap yang relatif singkat. Anda ingin membuat Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda saat ini sedang membutuhkan tas travel, Sudah memiliki desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, namun kebingungan dalam memilih produsen, Kami dapat membantu Anda untuk memproduksi tas travel Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran mengenai desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, kami akan membantu Anda memberikan rekomendasi mengenai bahan, model dan desain yang ingin Anda produksi.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas Travel kami dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Ransel dan Tas Ransel Sekolah – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami selain memproduksi tas ransel biasa, juga bisa memproduksi tas ransel untuk sekolah, Kuliah, desain dan ukuran yang ingin Anda pesan dengan senang hati kami siap membantu Anda membuatkannya sesuai dengan model pesanan Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran, desain, model dan ukuran kami akan memberikan rekomendasi kepada Anda. Dan Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Ransel Sekolah kami dapat dipesan dengan jumlah yang banyak dan jumlah satuan.

Supplier Tas Sling bag – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Sebuah tas messenger ( juga disebut tas kurir ) adalah jenis tas, biasnya terbuat dari bahan sintetik alami atau), yang dikenakan diatas satu bahu dengan tali yang melintasi dada dan menyambung kembali dengan tas dibagian bawah. Tas messenger biasanya digunakan oleh kurir, tas messenger sekarang merupakan icon fasion perkotaan. Beberapa jenis tas messenger disebut carryalls. Sebuah versi yang lebih kecil sering disebut sling bag.

Anda sedang ingin membuat tas dengan model seperti sling bag, kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami dapat membuat tas sling bag dengan jumlah banyak dan satuan pesanan.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Sling Bag produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Supplier Goody Bag – Brebes ( Jawa Tengah )

Omahkreasitas – Kami juga menerima pesanan pembuatan dan produksi goody bag, Anda dapat menghubungi kami, jika Anda sudah memiliki desain, model dan ukuran dapat kami rekomendasi untuk bahan bahan dan estimasi biaya.

Alamat : JL.Pucang Gading Raya, Perum Pucang tama XIII, No.15 RT 01/RW 28 Mranggen Demak

Kontak :