Konveksi Tas Tasikmalaya

Bagikan Kepada Teman
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Situs Keramat Pamijahan

Situs Pamijahan merupakan sebuah kompleks keramat yang dikarakterisasikan oleh fungsi bentang alam yang direkayasa dan difungsikan sebagai tempat-tempat suci, baik berupa gua, mata air maupun makam seorang tokoh penyebar Islam. Di bawah ini akan diuraikan unsur-unsur yang membentuk kekeramatan di Pamijahan.

Gua Saparwadi

Kekunaan kompleks keramat Pamijahan hanya tampak pada Gua Saparwadi. Gua ini terbentuk secara alamiah sebagai hasil proses geologi biasa. Gua tersebut memiliki dua pintu, tetapi secara tradisional, jalur yang dianggap pintu masuk terletak di sebelah tenggara (Kampung Pamijahan) dan pintu keluar di sebelah barat laut (Kampung Panyalahan). Diukur dari kedua pintu itu, panjang gua mencapai sekitar 284 m dan bagian terlebar mencapai 24,50 m. Menurut perhitungan juru pelihara, ruang dalam gua tersebut mempunyai keluasan 6.950 m2, yang tertutup bukit terjal seluas 26.568 m2.

Dari ujung ke ujung terdapat jalan masuk yang sempit. Bagian dalam gua memiliki ruangan cukup luas dan dapat menampung puluhan orang. Pada sepanjang jalan gua ini, tampak langit-langit gua dipenuhi stalaktit dan stalagmit. Sesungguhnya jalan gua ini merupakan sumber air yang seterusnya dialirkan ke bagian luar untuk masuk ke sungai Pamijahan. Jalan utama dalam gua ini sebuah jalur lurus dengan orientasi barat – timur. Di sebelah utara terdapat lorong-lorong yang secara tradisional dianggap ‘jalan mistik’ dengan berbagai tujuan.
Tidak jauh dari pintu masuk, terdapat sebuah lorong yang dinamai pangtapaan (tempat bertapa). Tempat ini menjadi lokasi pertama dalam proses ziarah ke dalam gua. Setelah keluar dari pangtapaan, orang dapat mengunjungi ceruk kecil mengandung sumber air bawah tanah yang ditandai sebagai ‘zamzam’. Di sini pengunjung dapat mengambil air suci dalam botol-botol plastik yang nantinya sebagai bekal. Perjalanan dilanjutkan ke arah utara sampai di sebuah lorong dangkal yang disbut cikahuripan (air kehidupan).

Tidak jauh dari situ terdapat lorong besar ke arah barat. Lorong ini mula-mula memiliki dua cabang ke kiri dan kanan. Pada cabang sebelah kiri (utara) terdapat dua lorong, disebut ‘menara’ dan ‘jalan ke Mekah’. Keluar dari lorong ini, perjalanan dilanjutkan ke lorong utama pada arah utara, yang pada ujungnya terdapat ceruk dinamai ‘masjid isteri’. Pada lorong inilah terbentang dua cabang besar membentuk sayap timur dan barat, yaitu ‘jalan ke Surabaya’ dan ‘jalan ke Cirebon’.

Pada sayap barat ditemukan banyak lorong. Deretan lorong utara, biasa disebut pasantrian ada ceruk-ceruk yang penamaannya mengidentikkan diri dengan instrumen kegiatan pesantren. Lorong pertama disebut jabal kopeah, kemudian berturut-turut ke arah barat terdiri dari ‘tempat kitab’, ‘pandaringan’, ‘haseupan’, dulang, dan cowet. Sedangkan lorong paling barat adalah ‘jalan ke Banten’. Kembali ke jalur utama gua, perjalanan dilanjutkan ke arah barat. Sebelah utara terdapat ceruk yang disebut ‘cikajayaan’ dan kemudian ceruk lainnya disebut ‘tihang masjid Madinah’, sebelum berakhir di pintu ke luar di Kampung Panyalahan.

Makam Keramat

Kompleks keramat di situs Pamijahan memiliki sekurang-kurangnya lima kompleks makam keramat. Dalam perjalanan ke kompleks keramat ini, para pengunjung selalu menyempatkan diri berkunjung ke makam-makam tersebut. Apabila dimulai dari pintu gerbang utama di sebelah tenggara situs, obyek ziarah terdiri dari makam Bengkok, makam Sembah Ajeng Tangan Ziah, makam Kidul, makam Syekh Abdul Muhyi dan makam Syekh Khotib Muwahid.

Makam Bengkok; terletak di ujung paling tenggara situs Pamijahan, tepatnya di tepi sebelah selatan Cipamijahan. Kompleks keramat ini berada jauh di luar Kampung Pamijahan pada salah satu tebing sungai yang agak curam. Kekunaannya sulit dilacak, tetapi pasti merupakan sebuah kubur tua karena tokoh yang dikuburkan di tempat ini masih dikenali sebagai Sembah Dalem Sacaparana, yaitu mertua Syekh Abdul Muhyi.

Makam Sembah Ajeng Tangan Ziah; terletak di tebing sebelah selatan Cipamijahan, tidak jauh dari Masjid Jami Pamijahan. Kompleks makam ini telah mengalami restorasi besar-besaran, sehingga mengesankan bangunan modern dengan konstruksi permanen. Namun, dilihat dari ketokohan almarhum, makam ini mestinya merupakan salah satu kubur tua yang sudah ada sejak awal abad XVII, karena tokoh bernama Sembah Ajeng Tangan Ziah adalah ibu Syekh Abdul Muhyi. Menurut beberapa naskah, wanita ini adalah keturunan ke-14 Nabi Muhammad dari garis Fatimah dan puteranya Husein.

Makam Kidul; terletak sekitar 200 m dari kubur Sembah Ajeng Tangan Ziah, lebih dikenal dengan nama ‘Makam Kidul’, karena berada di sebelah selatan Kampung Pamijahan, tepatnya di tebing sebelah selatan sungai Pamijahan. Kompleks ini sebenarnya adalah kubur seorang tokoh bangsawan Sukapura bernama Raden Yudanagara I.

Tidak diragukan lagi, meskipun telah mengalami pemugaran total, baik makam maupun cungkupnya, tetapi dilihat dari silsilah tokoh tersebut, seharusnya merupakan salah satu makam tua juga yang sezaman dengan masa hidup Syekh Abdul Muhyi. Di dalam silsilah keturunan Bupati Sukapura, Raden Yudanegara I ini disebutkan sebagai anak kedua Raden Tumenggung Anggadipa Wiradadaha III dan cucu Raden Adipati Wirawangsa Wiradadaha I, Bupati Sukapura yang memerintah pada paruh pertama abad XVII. Menurut silsilah itu, almarhum adalah juga ipar Syeikh Abdul Muhyi, karena yang terakhir ini mengawini adiknya yang bungsu: R. Ajeng Halimah atau disebut juga Ayu Salamah. Penempatan kuburnya di Pamijahan menjelaskan hubungan kekerabatan dengan Syeikh Abdul Muhyi.

Makam Syekh Abdul Muhyi; di sebelah utara Makam Kidul terdapat kompleks makam Syekh Abdul Muhyi. Kompleks ini merupakan obyek ziarah utama di seluruh situs Pamijahan. Terletak ditebing sebelah utara Cipamijahan, makam ini seolah berada di atas bukit yang dikelilingi hamparan sawah yang subur. Di sekitar kompleks makam tumbuh pepohonan besar yang memberi kesan rindang dan teduh; suatu kondisi alamiah yang sangat mendukung fungsi kekeramatannya. Berbeda dengan kompleks makam lain, kubur Syekh Abdul Muhyi mendapat perlakuan sangat khusus.

Di samping bangunannya sangat megah dari konstruksi beton permanen juga tersedia berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas ziarah seperti masjid, kolam dan sarana air bersih serta balai-balai yang dapat digunakan para peziarah melakukan zikir. Selain Syekh Abdul Muhyi, pada kompleks ini terdapat kubur lain, yaitu R. Subamanggala Wiradadaha IV, yang dikenal sebagai ‘Dalem Pamijahan’, yang ditempatkan di sebelah timur kubur Syekh Abdul Muhyi ditandai oleh sebuah payung. Ia adalah anak sulung R. Tumenggung Anggadipa Wiradadaha III, salah seorang Bupati Sukapura.

Makam Syekh Khotib Muwahid; terletak di bagian hulu Cipamijahan, tepatnya pada tebing sebelah utara. Makam ini menjadi kunjungan terakhir yang harus terlebih dahulu melalui gua Saparwadi. Seperti juga makam lain, bangunan makam dan cungkupnya cukup megah dengan pintu gerbang menyerupai bentuk kurawal atau seperti mihrab pada sebuah masjid besar. Menurut silisilahnya, Syekh Khotib Muwahid mempunyai hubungan khusus dengan Syekh Abdul Muhyi, selain sepupu juga menjadi ipar Syekh Abdul Muhyi, karena ia adalah anak Nyi Raden Kasimpen, kakak kandung Lebe Warta. Yang terakhir ini adalah ayah Syekh Abdul Muhyi. Hubungan ipar ditentukan oleh perkawinannya dengan Nyai Kodrat, yang tidak lain adik kandung Syekh Abdul Muhyi.

Genealogi Syekh Abdul Muhyi

Berbeda dengan tokoh-tokoh sufi Melayu lainnya, aspek kesejarahan Syekh Abdul Muhyi sampai sekarang masih belum tuntas diungkapkan, baik riwayat hidup maupun perannya dalam penyebaran Islam di Jawa Barat. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kesulitan memperoleh sumber-sumber sejarah yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Kalaupun ada, sebagian besar masih berada di tangan penduduk atau tersimpan di perpustakaan-perpustakaan Eropa misalnya di Leiden, Belanda.

Beruntunglah, bahwa Ahmad Mansur Suryanegara (1990), pernah mengungkapkan kandungan manuskrip yang diberi judul Kitab Istiqlal Thariqah Qadariyah Naqsabandiyah (KITQN). Naskah tersebut sesungguhnya tidak mengisahkan peristiwa sejarah, melainkan merupakan sebuah genealogi (pohon keturunan). Pada bagian-bagian yang dianggap penting oleh penulisnya, terdapat catatan pengalaman sejarah dari setiap tokoh yang dikisahkan. Naskah genealogi tersebut menarik garis keturunan dari dua cabang. Pada satu cabang terkait dengan garis keturunan ulama yang bersumber pada keluarga Nabu Muhammad dan cabang lainnya terkait dengan garis keturunan umara, yakni raja-raja yang pernah memerintah di Pulau Jawa.

Bersumber dari naskah KITQN tersebut dapat diketahui bahwa Syekh Abdul Muhyi dari pihak ibu adalah keturunan Nabi sedangkan dari pihak bapak adalah keturunan raja-raja Jawa khususnya dari kerajaan Galuh (Jawa Barat). Penarikan garis keturunan ke atas ini tampaknya dimaksudkan untuk memberikan legitimasi ketokohannya sebagai ulama. Tetapi kepentingan teks tersebut bukan terletak pada kebenaran sumber sejarah, tetapi harus dilihat sebagai trend sejarah para wali yang senantiasa menarik garis keturunan pada Rasulullah. Karena kecenderungan ini, para sosiolog kerap memandangnya sebagai keturunan spiritual; sebab sang wali berperan sebagai penerus risalah nabi.

Inti genealogi KITQN terletak pada dua tokoh: selain Syekh Abdul Muhyi sendiri yang diberi gelar Safaril Wadin Pamijahan, dan juga Kanjeng Dalem Tumenggung Wiradadaha, Bupati Sukapara (nama lama Kabupaten Tasikmalaya) yang hidup sezaman. Perbedaannya, yang pertama memainkan peran sebagai ulama sedangkan yang kedua lebih berperan sebagai penguasa (umara).

Untuk memperkuat perannya sebagai ulama, di dalam naskah KITQN disebutkan ada tiga guru tarekat yang diwarisi tasawuf Pamijahan yaitu: Abdul Qadir Jaelani, Abdul Jabbar dan Abdul Rauf Singkel. Apabila Abdul Qadir Jaelani disebut sebagai ‘wali awal’, maka Abdul Muhyi dianggap sebagai ‘wali penutup’. Kedudukan ini memang dibuktikan oleh kenyataan bahwa setelah wafatnya, keturunan Abdul Muhyi tidak lagi menggunakan gelar Syekh. Istilah ‘wali penutup’ memang menjadi pertanyaan, sebab dalam sejarah Islam wali akan tetap ada setiap zaman, tetapi hanya para ‘wali’ yang mengetahui keberadaan seorang ‘wali’.

Yang penting dari naskah itu dapat dicatat dua hal, pertama turunan Nabi dan kedua turunan raja. Di dalam naskah KITQN disebutkan bahwa sebagai ‘turunan’ nabi dirinya merupakan keturunan ke-15 dihitung dari Fatimah. Dengan begitu kedudukannya sebagai ulama menjadi kuat, karena ia adalah keturunan nabi dari garis Husein, putera Fatimah. Hal itu didukung pula oleh keterangan bahwa Syekh Abdul Muhyi juga adalah murid Syekh Abdul Rauf Singkel, salah seorang ulama Aceh terkemuka pada abad XVII yang dimakamkan di Kuala Aceh dan terkenal sebagai guru tarekat Satariyah. Lebih dari itu, dilihat dari genealoginya, Syekh Abdul Rauf Singkel juga keturunan Nabi yang ke-13 dari garis Hasan, putera Fatimah. Pada cabang inilah terdapat Abdul Qadir Jaelani al-Bagdadi yang terkenal sebagai pengasas tarekat Qadariyah Naqsabandiyah. Derajat kewalian Syekh Abdul Muhyi semakin kuat, karena antara Nabi dan dirinya terdapat urutan tokoh yang menjadi salah satu dari ‘Wali Songo’, yaitu Sunan Ampel dan Sunan Giri.

Sebagai keturunan raja, KITQN tidak banyak menyebutkan garis silsilah bapak, tetapi dijelaskan di dalam naskah lain yang disebut Sejarah Sukapura (SS), yaitu dari Ratu Galuh. Ayah Syekh Abdul Muhyi yang bernama Lebe Warta(kusuma) adalah keturunan ke-6 dari Ratu Galuh. Perkawinan Lebe Warta dengan Sembah Ajeng Tangan Ziah melahirkan dua orang anak: pertama adalah Syekh Abdul Muhyi dan kedua adalah Nyai Kodrat (menjadi isteri Khotib Muwahid). Dari Khotib Muwahid ini Syekh Abdul Muhyi mempunyai hubungan kekerabatan tidak langsung dengan Sultan Pajang, Pangeran Adiwijaya (Jaka Tingkir), karena yang terakhir ini merupakan leluhur Sembah Khotib Muwahid.

Namun, baik naskah KITQN maupun SS, tidak banyak menyebutkan garis keturunan Bapak ke atas, sebaliknya lebih rinci menguraikan keturunan ke bawahnya seperti juga diuraikan di dalam Silsilah Bupati Sukapura (naskah Leiden Cod. Or. 7445). Genealogi dimulai dari empat orang isteri Syekh Abdul Muhyi, itupun terutama dari isteri yang pertama (Sembah Ayu Bakta) sebagai leluhur para bupati Sukapura dari pihak ibu.

Dari teks manuskrip-manuskrip tersebut dapat diketahui bahwa motivasi penyusunan naskah adalah menyatakan hubungan kekerabatan penulis manuskrip dengan Syekh Abdul Muhyi, Sembah Khotib Muwahid dan para bupati Sukapura. Namun yang terpenting ada pesan yang ditekankan pada pragmatisme kewalian Syekh Abdul Muhyi, yang sesudahnya tidak ada lagi ‘wali’ dari garis keturunan para Bupati Sukapura tersebut. Meskipun sudah tentu ada wali-wali lain di setiap zaman dan tempat, tetapi ini berlaku pasti di Pamijahan.

Syiar Islam dan tradisi ziarah kubur

Berbeda dengan riwayat keturunannya, aktivitas keagamaan Syekh Abdul Muhyi tidak banyak informasi diperoleh. Dalam kedudukannya sebagai penyebar Islam, kisahnya sulit dilacak. Hal ini barangkali disebabkan karena pada umumnya para ulama, apalagi jika ia telah mencapai derajat ‘wali’, hal-hal yang bersifat popularitas sangat dihindari, sehingga kehidupan keagamaannya selalu berkembang dari legenda ke legenda dan dari mitos ke mitos.

Demikian pula dengan Syekh Abdul Muhyi. Kebanyakan informasi diperoleh dari legenda-legenda atau tradisi lisan masyarakat Pamijahan atau para murid dan penganut disiplin Satariyah. Dalam tradisi setempat, Abdul Muhyi datang ke Pamijahan melalui Darma, Kuningan. Pengetahuan agamanya diperoleh setelah berguru kepada Sunan Giri. Kemudian dilanjutkan dengan berguru kepada Syekh Abdul Rauf Singkel di Aceh, yang memungkinkannya sampai di Bagdad dan berhasil mewarisi ajaran Abdul Qadir Jaelani.

Sekembalinya ke tanah air, ia diperintahkan gurunya di Aceh untuk menemukan sebuah gua yang serupa dengan gua tempat tirakatnya Abdul Qadir Jaelani. Setelah bertahun-tahun menelusuri daerah pedalalaman Jawa Barat bagian tenggara, akhirnya ia sampai di Pamijahan. Gua yang ditemukannya di desa itu diberi nama Munajat, dan mendirikan kampung dinamai Saparwadi. Tetapi di kemudian hari kampung itu lebih dikenal dengan nama Pamijahan; istilah yang diberikan untuk menandai kedatangan banyaknya peziarah seperti ikan yang bertelur di gua Saparwadi.

Secara umum, bisa dikatakan bahwa syiar Islam dilakukan dengan melalui jalan tasawuf. Mula-mula memperkenalkan tarekat Qadariyah; sebuah aliran yang banyak dikenal di Tanah Sunda sebagaimana dibuktikan oleh banyaknya manuskrip tarekat ini (Ekadjati dan Darsa, 1999: 426-522). Namun kemudian ajaran tersebut semakin mengkristal menjadi Tarekat Mu’tabarah Syatariyah. Ajaran ini ditandai oleh berbagai varian cara pendekatan diri kepada Sang Pencipta yang rupanya amat sesuai dengan tradisi lama masyarakat Sunda.

Sayangnya kami tidak menemukan bukti pesantren tertua di Pamijahan, namun jika penyebaran Islam dilakukan melalui jalan tasawuf, artinya telah terjalin hubungan kekerabatan spiritual antara sang guru dan muridnya. Melalui murid-murid tarekat itulah kemudian ajaran Islam berkembang. Cara seperti ini sudah tentu memberikan kemungkinan meluasnya jaringan Islam dalam metode yang homogen. Dan dari setiap murid itulah akan tercipta kutub-kutub pengajaran Islam lainnya, yang meskipun tetap terfokus pada pusat suci Pamijahan, pusat-pusat penyebaran lainnya dikesankan sebagai satelit-satelit yang mengelilingi sistem tata surya dari pusat cahayanya. Dan pusat cahaya yang pertama itu sendiri sesungguhnya menjadi satelit dari kutub suci utamanya di Mekah.

Praktek keagamaan dari tarekat ini tercermin pada perilaku ziarah di Pamijahan, seperti halnya juga dilakukan di kompleks makam Sunan Gunung Jati, Cirebon. Menurut Viviane Sukanda-Tessier (1991), pada prinsipnya, dalam ritual tersebut para peziarah meyakini bahwa ziarah (tawaf) di kompleks makam Sunan Gunung Jati dan Syekh Datuk Kahfi, Cirebon sama nilainya dengan pergi haji ke tanah suci Mekkah.

Demikian pula, ziarah ke makam Syekh Abdul Muhyi dan dilanjutkan dengan penerebotan gua Saparwadi, dianggap ekivalen dengan pergi haji ke Mekkah. Anggapan ini direpresentasikan oleh tingkat keistimewaannya dalam penetrasi gua Saparwadi. Kecuali mengandung sifat-sifat keajaiban alam juga mengandung nilai mistis.

Keistimewaan itu pertama-tama terletak pada kesukaran ketika memasuki dan mencari jalan keluarnya. Setelah berada di dalam gua, orang dapat menemukan tempat keramat / pertapaan yang konon merupakan warisan Syekh Abdul Muhyi seperti jalan ghaib menunju berbagai jurusan: Mekah, Madinah, Cirebon, Banten, dan Surabaya (Gresik).

Dalam prakteknya, ziarah pada umumnya dipandu oleh kuncen (juru kunci). Para peziarah membaca al-Quran, surat al-Ikhlas, al-Falaq, An-Nas, istighfar, shalawat, mengingat jasa guru dan zikir, yang seterusnya memanjatkan doa. Termasuk ke dalam disiplin ini, di daerah inti Pamijahan terdapat beberapa perilaku yang wajib ditaati pengunjung, seperti dilarang merokok, naik sepeda dengan atau tanpa motor.

Konveksi Tas Umroh – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Memproduksi Tas Umroh, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ibadah Umroh Tentu anda membutuhkan tas dengan ukuran yang dapat membawa barang dan perlengkapan Anda selama beribadah umroh ditanah suci mekkah, kami memproduksi tas umroh bagi Anda yang membutuhkan, kami memiliki pelanggan diseluruh Indonesia yang menjadi mitra. kami untuk menyediakan tas umroh berbagai macam dan model, desain dan ukuran yang dapat Anda pilih dan Anda tentukan sendiriKami dapat memproduksi tas umroh dengan jumlah banyak dan satuan. Jika anda belum memiliki desain dan membutuhkan solusi pembuatan tas untuk umroh kami memberikan solusi baik pemilihan model, desain, ukuran, harga dan jaminan bilamana ada kerusakan diproduksi kami, kami akan memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Konveksi Tas Haji – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Selain memproduksi Tas Umroh Kami juga memproduksi berbagai macam tas untuk Anda yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah Haji. Saat ini Omahkreasitas telah membantu produksi dari pelanggan kami mulai dari Pemerintahan, Biro Haji dan Biro Umroh dengan berbagai macam model, desain, ukuran, dan jaminan dari kami bila mana ada kerusakan pada setiap produksi kami akan kami perbaiki secepat mungkin. Karena kepercayaan Anda kepada kami adalah Semangat kami dalam bekerja dan bekerjasama menjalin hubungan mitra kerja yang akan lebih baik. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Kami dapat memproduksi tas Haji dengan jumlah banyak dan satuan.

Konveksi Tas Seminar – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Tas Seminar Omahkreasitas siap memproduksi pesanan tas seminar untuk Anda yang membutuhkan tas seminar, untuk kegiatan seminar yang akan anda laksanakan, dengan ukuran, model dan desain yang dapat anda buat sendiri atau kami akan memberikan solusi model, desain, ukuran dan estimasi biaya untuk produksi pembuatan tas seminar yang Anda pesan kepada kami. Anda dapat memesan tas seminar dengan jumlah nanyak dan satuan. Dengan jaminan jika ada kerusakan pada setiap produksi kami kami akan meganti dan jika masih dapat diperbaiki kami akan berusaha memperbaiki produksi tas seminar yang kami buat. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Konveksi Tas Promosi – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Untuk Anda yang membutuhkan tas promosi untuk usaha Anda kami dapat membantu memproduksi tas promosi. Kami menyediakan berbagai macam model, bentuk, ukuran dan desain untuk tas promosi. Omahkreasitas memberikan jaminan pada setiap kerusakan produksi tas promosi bila terjadi kerusakan tas yang kami produksi. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Saat ini omahkreasitas telah memiliki memproduksi berbagai macam model tas promosi dari pesanan pelanggan kami di berbagai kota di Indonesia. Anda dapat memesan dengan jumlah banyak atau dengan jumlah satuan juga bisa.

Konveksi Tas Koper – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Anda sedang mencari produsen tas koper, Kami siap membantu Anda memproduksi tas koper pesanan Anda, Anda memiliki desain, ukuran model model tas koper, Bila Anda sudah memiliki model dan ukuran ingin memproduksinya kami akan membantu Anda, dengan jaminan dari kami jika terjadi kerusakan, kesalahan produksi tas koper yang Anda pesan kepada kami, kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas koper yang kami produksi dapat dipesan dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Konveksi Tas Troli / Tas Troly – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Anda ingin membuat tas troli, kami juga dapat membuat dan memproduksi berbagai macam model, bentuk dan ukuran tas troli. Jika anda kesulitan mencari bahan dan model bentuk tas troli yang akan anda buat, kami akan merekomendasi beberapa model, desain dan ukuran untuk tas Anda. kami menjamin dan akan menganti bila mana produksi tas koper yang Anda pesan harus diganti. Jika dapat diperbaiki Kami akan memperbaikinya sesuai Pesanan Anda. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas troli produksi kami dengan jumlah banyak ataupun satuan.

Konveksi Tas Ransel – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Selain memproduksi tas koper omahkreasitas juga dapat memproduksi berbagai macam tas seperti tas ransel, tas ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan 1 tali. Tas ransel juga digunakan untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan (clutch) untuk mengangkat benda berat, karena keterbatasannya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama.

Tas Ransel Produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Konveksi Tas Batik – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Kami memiliki juga dapat memproduksi tas dengan bahan batik, atau dengan kombinasi kain batik, bahan kain batik biasanya untuk menambah nilai minilais dan seni pada tas yang akan dibuat, Anda dapat memesan jenis tas bahan batik atau Anda dapat memesan dengan bahan kombinasi batik sesuai model yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas batik dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Konveksi Tas Kanvas – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Tas Kanvas, kami juga telah banyak memproduksi tas berbahan dasar kanvas dari pelanggan-pelanggan kami diseluruh Nusantara, Model, Desain, Ukuran dapat Anda tentukan sendiri dan kami akan membuat / memproduksi sesuai dengan model dan desain yang Anda inginkan. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. – ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas kanvas dengan jumlah banyak dan satuan, sesuai kebutuhan Anda.

Konveksi Tas Backpack – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Tas Backpack Selain memproduksi tas Kanvas omahkreasitas dapat memproduksi Tas Backpack, dengan ukuran, model, desain, yang dapat Anda tentukan, jika Anda belum memiliki model dan ukuran, serta gambaran mengenai tas backpack yang ingin Anda buat kami dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada Anda. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Produksi tas backpack kami dapat diproduksi dengan jumlah banyak dan satuan.

Konveksi Tas Laptop / Netbook / Notebook – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Tas Laptop biasanya digunakan untuk menaruh dan membawa elektronik berupa laptop / notebook, tas laprop didesain dengan beberapa model dan ukuran. Serta dibuat dengan beberapa lapis bahan. Jika Anda memperlukan tas laptop, netbook, notebook kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda dapat memesan tas laptop / netbook / notebook dengan jumlah banyak dan satuan.

Konveksi Tas Map case – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Kami juga bisa membantu produksi Map Case, Jika Anda ingin membuat tas Map Case dan sudah memiliki desain, model, ukuran Anda dapat menghubungi kami. Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas map case sesuai kebutuhan Anda, baik jumlah banyak maupun satuan.

Konveksi Tas Travel – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Travel adalah pergerakan orang antara lokasi geografis yang relative jauh, dan dapat melibatkan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, mobil, kreta api, kapal, pesawat atau cara lain, dengan atau tanpa bagasi, dan dapat menjadi salah satu cara atau round trip. Travel juga dapat mencakup menginap yang relatif singkat. Anda ingin membuat Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda saat ini sedang membutuhkan tas travel, Sudah memiliki desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, namun kebingungan dalam memilih produsen, Kami dapat membantu Anda untuk memproduksi tas travel Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran mengenai desain, model dan ukuran yang ingin Anda buat, kami akan membantu Anda memberikan rekomendasi mengenai bahan, model dan desain yang ingin Anda produksi.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Anda bisa memesan tas Travel kami dengan jumlah banyak dan jumlah satuan.

Omahkreasitas – Kami selain memproduksi tas ransel biasa, juga bisa memproduksi tas ransel untuk sekolah, Kuliah, desain dan ukuran yang ingin Anda pesan dengan senang hati kami siap membantu Anda membuatkannya sesuai dengan model pesanan Anda. Jika Anda belum memiliki gambaran, desain, model dan ukuran kami akan memberikan rekomendasi kepada Anda. Dan Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Ransel Sekolah kami dapat dipesan dengan jumlah yang banyak dan jumlah satuan.

Konveksi Tas Sling bag – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Sebuah tas messenger ( juga disebut tas kurir ) adalah jenis tas, biasnya terbuat dari bahan sintetik alami atau), yang dikenakan diatas satu bahu dengan tali yang melintasi dada dan menyambung kembali dengan tas dibagian bawah. Tas messenger biasanya digunakan oleh kurir, tas messenger sekarang merupakan icon fasion perkotaan. Beberapa jenis tas messenger disebut carryalls. Sebuah versi yang lebih kecil sering disebut sling bag.

Anda sedang ingin membuat tas dengan model seperti sling bag, kami dapat membantu Anda memproduksinya. Kami dapat membuat tas sling bag dengan jumlah banyak dan satuan pesanan.

Kami memberikan jaminan setiap produksi kami jika terjadi kerusakan pada produksi kami dapat dikembalikan dan kami akan segera mengantinya, atau jika masih dapat diperbaiki kami menjamin kepada Anda untuk segera memperbaikinya. ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Tas Sling Bag produksi kami dapat dipesan dengan jumlah banyak dan satuan.

Konveksi Goddy Bag – Tasikmalaya ( Jawa Barat )

Omahkreasitas – Kami juga menerima pesanan pembuatan dan produksi goody bag, Anda dapat menghubungi kami, jika Anda sudah memiliki desain, model dan ukuran dapat kami rekomendasi untuk bahan bahan dan estimasi biaya.

Alamat : JL.Pucang Gading Raya, Perum Pucang tama XIII, No.15 RT 01/RW 28 Mranggen Demak

Kontak :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *